5 Cara Mengelola Waktu yang Efektif, Biar Enggak Terbuang Sia-Sia
Salah satu yang paling berharga dan kita miliki saat ini adalah waktu. Setiap hari kita selalu berkutat dengan waktu, apapun yang kita lakukan selalu tertaut dengan waktu. Alasan saya menulis artikel ini adalah karena sebagian besar orang tidak mengelola waktunya dengan baik dan benar. Masih banyak orang yang membuang waktunya untuk hal tidak penting, padahal banyak hal penting yang harus dipikirkan dengan serius. Atau ada juga jenis ini, banyak waktu dihabiskan untuk bekerja tetapi tidak efisien dan produktif yang ujung-ujungnya sama dengan membuang-buang waktu guys. Sebanyak apapun waktu kita apabila kita tidak mampu mengelolanya maka akan selalu ada alasan untuk bilang
" Aku enggak sempet "
" Aku sibuk banget "
" Kan aku gak punya waktu "
Itu semua adalah hasil dari tidak bisa mengelola waktu dengan baik, akhirnya malah waktunya yang disalahkan.
Cara Mengelola Waktu
Sebenarnya mengelola waktu bukanlah hal yang sangat sulit loh. Kita hanya perlu melalukan hal simpel ini :
1. Komitmen
Berkomitmen dengan diri sendiri, lakukan apa yang sudah kamu rencanakan dengan baik.
2. Disiplin
Disiplinlah guys. Berjanjilah untuk melakukannya sesuai jadwal (tepat waktu) agar semua kegiatan yang direncanakan tidak berantakan.
3. Membagi Waktu
Membagi waktu secara adil. Bagilah waktu kita sesuai dengan apa yang diperlukan dan siapa saja yang ada di kehidupan kita. Misalnya saja membagi waktu menjadi beberapa bagian ini :
• Pekerjaan
• Keluarga
• Spiritual
• Pasangan
• Keuangan
• Kesehatan
• Teman
• Pikiran
• Olahraga
Semua bagian diatas harus mempunyai waktu masing-masing sesuai porsinya setiap hari supaya dapat melakukan semuanya dengan seimbang. Jangan sampai ada satu yang terlewat, karena bisa mengacaukan bagian yang lainnya.
Semua bagian diatas saling berhubungan dan saling menimbulkan efek, baik itu positif ataupun negatif. Jadi berhati-hatilah dalam melakukannya guys.
Kelola sebaik mungkin dan secara merata. Nasib kita kedepannya akan ditentukan oleh keputusan tindakan kita di masa sekarang.
4. Selesaikan Masalah
4. Selesaikan Masalah
Selesaikan masalah yang ada secara bertahap. Selesaikan satu per satu. Satu masalah yang tidak diselesaikan saja sudah cukup meruntuhkan bagian yang lainnya.
5. Belajar Hal Baru
5. Belajar Hal Baru
Pelajari hal baru dari semua bagian tersebut setiap harinya secara bergantian. Misalkan hari ini belajar tentang mengelola keuangan, nah besoknya belajar tentang motivasi, besoknya lagi belajar tentang teknik olahraga yang belum pernah dicoba.
Manfaat Mengelola Waktu
Jika semua poin diatas dilakukan dengan baik, hidup akan terasa adem, nyaman dan bersemangat setiap harinya guys, karena dengan kita selalu membagi waktu dengan baik, memperbaiki kesalahan dan belajar hal baru setiap harinya, semuanya akan saling bersinergi dan saling mendukung diri untuk jadi orang yang lebih baik dan lebih maju loh.
Manfaat Mengelola Waktu
Jika semua poin diatas dilakukan dengan baik, hidup akan terasa adem, nyaman dan bersemangat setiap harinya guys, karena dengan kita selalu membagi waktu dengan baik, memperbaiki kesalahan dan belajar hal baru setiap harinya, semuanya akan saling bersinergi dan saling mendukung diri untuk jadi orang yang lebih baik dan lebih maju loh.
Memang itu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, tapi justru kalau tidak dilakukan, hidup kita yang menjadi tidak mudah.
Jadi, mau pilih yang mana nih?
Susah sekarang atau susahnya nanti pas masalahnya numpuk banyak guys?
Semoga bermanfaat
Terima kasih sudah membaca
Jadi, mau pilih yang mana nih?
Susah sekarang atau susahnya nanti pas masalahnya numpuk banyak guys?
Semoga bermanfaat
Terima kasih sudah membaca
Posting Komentar untuk "5 Cara Mengelola Waktu yang Efektif, Biar Enggak Terbuang Sia-Sia"